Jumat, 03 April 2020

Cerita Danau Toba asal asul nya yang Melegenda

Peta Objek Wisata - sebelum kita membahas asal usul dan sejarah Danau Toba ada baiknya kita mengetahu dimana lokasi danau toba berada, danau ini berlokasi tepat di Provinsi Sumatra Utara ,danau yang sudah terkenal namanya hingga mancanegara, apakah anda tahu berapa lebar dan  panjang Danau Toba ini, yah danau toba memiliki lebar 30 km dan panjang sekitar 100 km super sekali luar biasa bukan . betapa besar dan panjang danau toba ini.

baik kita akan mulai pembahasan asal usul danau Toba , ada dua versi yang tersebar di masyarakat umum mengenai bagaimana terjadinya danau Toba itu Sendiri,

1. versi ilmuwan

Diperkirakan Danau Toba terbentuk saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa jumlah total material pada letusan sekitar 2.800 km3 -sekitar 2.000 km3 dari Ignimbrit yang mengalir di atas tanah, dan sekitar 800 km3 yang jatuh sebagai abu terutama ke barat. Aliran piroklastik dari letusan menghancurkan area seluas 20.000 km2, dengan deposito abu setebal 600 m dengan kawah utama.
Tim peneliti multidisiplin internasional, yang dipimpin oleh Dr. Michael Petraglia, mengungkapkan dalam suatu konferensi pers di Oxford, Amerika Serikat bahwa telah ditemukan situs arkeologi baru yang cukup spektakuler oleh para ahli geologi di selatan dan utara India. Di situs itu terungkap bagaimana orang bertahan hidup, sebelum dan sesudah letusan gunung berapi (supervolcano) Toba pada 74.000 tahun yang lalu, dan bukti tentang adanya kehidupan di bawah timbunan abu Gunung Toba. Padahal sumber letusan berjarak 3.000 mil, dari sebaran abunya.

nah sebelum anda berkunjung kesana anda bisa lihat ini tempat wisata di dekat provinsi sumatra utara
5 tempat wisata Padang yang wajib dikunjungi
2.versi legenda cerita rakyat

Pada jaman dahulu, hiduplah seorang pemuda tani yatim piatu di bagian utara pulau Sumatra. Daerah tersebut sangatlah kering. Syahdan, pemuda itu hidup dari bertani dan memancing ikan. Pada suatu hari ia memancing seekor ikan yang sangat indah. Warnanya kuning keemasan. Begitu dipegangnya, ikan tersebut berubah menjadi seorang putri jelita. Putri itu adalah wanita yang dikutuk karena melanggar suatu larangan. Ia akan berubah menjadi sejenis mahluk yang pertama menyentuhnya. Oleh karena yang menyentuhnya manusia, maka ia berubah menjadi seorang putri.

Terpesona oleh kecantikannya, maka pemuda tani tersebut meminta sang putri untuk menjadi isterinya. Lamaran tersebut diterima dengan syarat bahwa pemuda itu tidak akan menceritakan asal-usulnya yang berasal dari ikan.Pemuda tani itu menyanggupi syarat tersebut. Setelah setahun, pasangan suami istri tersebut dikarunia seorang anak laki-laki. Ia mempunyai kebiasaan buruk yaitu tidak pernah kenyang. Ia makan semua makanan yang ada.

Pada suatu hari anak itu memakan semua makanan dari orang tuanya. Pemuda itu sangat jengkelnya berkata: “dasar anak keturunan ikan!”Pernyataan itu dengan sendirinya membuka rahasia dari isterinya.Dengan demikian janji mereka telah dilanggar.

Istri dan anaknya menghilang secara gaib. Ditanah bekas pijakan mereka menyemburlah mata air. Air yang mengalir dari mata air tersebut makin lama makin besar. Dan menjadi sebuah danau yang sangat luas. Danau itu kini bernama Danau Toba

yah mungkin itu tadi sedikit pembahasan mengenai asal usul terjadinya danau toba , mungkin jika anda berwisata kesana anda akan lebih banyak mengetaui bagaimana sebetulnya yang terjadi.
thumbnail
Judul: Cerita Danau Toba asal asul nya yang Melegenda
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait sejarah, sumatera, wisata :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. Disclaimer - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz